49 Siswa SMAN 10 Bandung Ikuti PISA
49 Siswa SMAN 10 Bandung Ikuti PISA
Oleh Siti Maryam Delina F
05 Mei 2018, 00:00 WIB    137 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR – Sebanyak 49 siswa SMA Negeri 10 Bandung melaksanakan Program For Internasional Student Assessment (PISA) di SMA Negeri 10 Bandung, Jalan Cikutra No. 77, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 4 Mei 2018. 

PISA merupakan sistem penilaian internasional untuk mengetahui kemampuan siswa usia 15 tahun dalam bidang literasi. PISA diadakan pertama kali tahun 2000 dan dilaksanakan setiap tiga tahun sekali.  Ketua Panitia Pelaksanan Kegiatan PISA SMA Negeri 10 Bandung, Nani Mulyani mengatakan ada empat mata palajaran yang diujikan kepada siswa, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Finansial. Untuk menghadapi keempat mata pelajaran tersebut, guru memberikan pelatihan dan try out kepada siswa secara intensif sebulan terakhir. 

“Sejak 4 april 2018, kami intensifkan untuk 50 orang. 4 orang kelas 11, sisanya kelas 10. Untuk pelatihannya, sekolah melaksanakan pelatihan berupa pemberian soal-soal kepada siswa sesuai dengan soal yang akan diujikan. Setiap harinya siswa diberikan pelatihan satu mata pelajaran, kemudian dilaksanakan try out diakhir minggu,” jelas Nani saat ditemui di SMA Negeri 10 Bandung.

Soal-soal try out yang diberikan kepada siswa bersumber dari Direktorat. Selain itu, sekolah pun memberikan soal try out kepada siswa. Tujuannya agar siswa terbiasa dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Nani menjelaskan, soal yang diujikan berbeda dengan soal pelajaran pada umumnya. Hal ini dikarenakan soal tersebut merupakan soal High Order Thingking Skill (HOTS). 

“Justru soal-soal ini mengarah kepada soal HOTS, di mana soal itu harus sudah mulai diterapkan oleh guru-guru. Maka ini sangat butuh dimiliki atau dipelajari oleh semua guru dan siswa,” jelas Nani.   Nani berharap dengan adanya pelaksana PISA, siswa yang terpilih dapat termotivasi dan menularkan pengetahuannya kepada siswa lainnya. 

Pelatihan sangat membantu

“Ada satu kebanggaan. Mudah-mudahan ada satu harapan bagi anak-anak kami, ini bisa memotivasi pembelajaran selanjutnya. Karena soal HOTS itu harus dibiasakan dari tiga tahun lalu,” jelas Nani. 

Siswa SMA Negeri 10 Bandung, Cinta Delvianne, merupakan salah satu siswa yang terpilih mengikuti kegiatan PISA. Ia merasa senang dan tidak ada beban dalam mengerjakan soal-soal PISA. Menurut dia, pelatihan yang dilakukan satu bulan sebelumnya sangat membantu dalam mengerjakan soal PISA tersebut.

“Awalnya saat dipillih kaget, takut ribet-ribet, tapi setelah dijalani malah enjoy. Kita jadi tahu apa yang kita kerjakan, apalagi ini soal berstandar internasional. Kita jadi tahu,” ujar Cinta usai mengerjakan soal PISA.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar