Kadisdik Jabar: Integritas UN Jabar Meningkat
Kadisdik Jabar: Integritas UN Jabar Meningkat
Oleh Siti Maryam Delina F
03 Mei 2018, 00:00 WIB    68 views       Pelantikan

BANDUNG, DISDIK JABAR- Hari ini, satuan pendidikan mengumumkan hasil kelulusan untuk jenjang SMA, SMK, MA dan SMALB di Jawa Barat. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, memberikan ucapan selamat kepada seluruh siswa yang sudah dinyatakan lulus. “Selamat kepada anak-anakku yang sudah dinyatakan lulus,” ujar Hadadi saat ditemui di ruangannya, Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Radjiman No.6, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 2 Mei 2018. 

Sementara itu, hasil Ujian Nasional (UN) yang diumumkan 2 Mei 2018 kemarin tidak menjadi kriteria kelulusan. Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi mengatakan, walaupun begitu, hasil UN digunakan untuk siswa yang ingin meneruskan pendidikan kuliah, mengikuti sekolah kepolisian, militer dan kedinasan. 

“UN hanya untuk melihat pemetaan, tidak jadi kriteria kelulusan. Kalau kuliah, polisi militer dan kementrian kedinasan diperlukan,” ujar Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi, usai upacara Hari Pendidikan Nasional, di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 2 Mei 2018. 

Melihat hasil UN tahun ini, Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi, menjelaskan hasilnya secara umum tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hasil UN Jawa Barat sudah mendekati rata-rata nasional. Bahkan Jawa Barat sudah setara dengan provinsi maju lainnya seperti Yogyakarta, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

“Yang lebih itu Bahasa Indonesia. Perlu ditingkatkan lagi di tahun selanjutnya. Perlu adanya penguatan kapasitas guru, sarana prasarana, penataan kurikulum dan acuan kita kepada delapan standar pendidikan. Tapi secara integritas, Jawa Barat lebih meningkat,” jelas Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi. 

Ungkapkan dengan hal positif  

Selain itu, untuk menyambut hari kelulusan, Hadadi mengimbau kepada siswa agar mengungkapkan kegembiraan dengan hal-hal yang positif. Hadadi menegaskan, Dinas Pendidikan Jawa Barat telah membuat surat edaran mengenai hal tersebut. Diharapkan sekolah ikut andil untuk mengurangi kebiasaan negatif usai pengumuman kelulusan. 

Lebih baik kegembiraan pada hari kelulusan disikapi dengan rasa syukur dan semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.   “Jangan sampai seperti tahun sebelumnya ada kebiasaan kurang baik, terlalu uforia berlebihan. Saya pikir konvoi, coret-coret pakaian, vandalism tidak perlu,” tandas Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi, menegaskan.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar