TIK Dukung Pembelajaran yang Lebih Berkualitas dan Menyenangkan
TIK Dukung Pembelajaran yang Lebih Berkualitas dan Menyenangkan
Diposting oleh Mochamad Firmansyah
03 Mei 2018, 00:00 WIB    25 views       Kegiatan

LEMBANG, DISDIK JABAR – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dr.H. Ahmad Hadadi, membuka kegiatan Penyusunan Program Pemanfaatan Media Pembelajaran TIK Subtantif Mata Pelajaran IPA, Rabu 2 Mei 2018 di Hotel Grand Lembang Jl.Raya Lembang No.272 Kabupaten Bandung Barat. 

Dalam acara yang digelar bersamaan dengan Hari Pendidikan itu, Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi, juga mengucapakan Selamat Hari Pendidikan Nasional dan Kuatkan Pendidikan Bangun Kebudayaan.   ”Sekarang sudah era digital sudah saat nya kita mengembangan IT dalam pembelajaran. Apabila dimanfaatkan secara optimal dibidang pembelajaran, dapat memperluas akses dan meningkatkan efesien pengelolaan kegiatan pembelajaran, selain itu mendorong peserta didik untuk belajar mandiri,” kata Kadisdik Jabar Ahmad Hadadi. 

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi ini, seorang guru harus banyak menghadirkan kreatifitas agar menjadi guru yang menyenangkan sehingga anak-anak terhibur dengan metode pembelajaran kreatif dan bisa menyenangkan.  “Dengan demikian bapak/ibu bisa  menjadi guru yang anak-anak inginkan,” ujar Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Tikomdik, Drs.H.Asep Suhanggan M.M.Pd memperkenalkan Balai Tikomdik Kepada 108 Peserta Guru SMA se Jawa Barat. ”Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sekarang mempunyai Balai Teknologi Informasi (TIK), yaitu Balai Tikomdik. Balai ini adalah salah satunya dalam rangka menunjang proses pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi (IT),” tambah Kepala Balai Tikomdik, Asep Suhanggan. 

Melalui Balai Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat ingin guru-guru harus komunikatif dan minimal membuat bahan pembelajaran visual  dengan mengedepankan teknologi informasi. Dengan demikian tampilan lebih menarik serta lebih mudah dimengerti oleh siswa dengan kemajuan saat ini. 

Menurut Kasie Pengembangan dan Produksi Tikomdik, Dra Ida Nurwudayanti,M.M,Pd., perkembangan metode dan media pembelajaran IPA terus berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan di era globalisasi. Hal ini selaras dengan Keberadaan Teknologi Dan Komunikasi sebagai unsur penunjang pembelajaran yang juga terus berevolusi. 

Oleh karena itu, penguasaan TIK dalam menunjang pembelajaran IPA  merupakan suatu keharusan untuk meningkatkan kualitas manusia dalam persaingan global dan era teknologi. Melalui Penyusunan Program Pemanfaataan Media TIK Substantif Mata Pelajaran IPA ini, di harapkan semua tujuan tersebut bisa terwujud, tutup Ida.*** 


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar