SBMPTN 2018, Jawaban Salah Tidak Lagi Minus Satu
SBMPTN 2018, Jawaban Salah Tidak Lagi Minus Satu
Diposting oleh Sofia Khansa Kalvati
02 Mei 2018, 00:00 WIB    15 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 kurang dari sepekan lagi. Tepatnya pada 8 Mei 2018, 860.001 peserta akan mengikuti ujian tertulis SBMPTN.

Tahun-tahun sebelumnya, penilaian tidak pernah berubah. Penilaian skor empat bila benar, minus satu kalau salah, dan yang tidak mengerjakan akan mendapat nilai nol. Pada sistem penilaian SBMPTN terbaru ini peserta yang mengerjakan benar akan mendapatkan skor 1, dan bila salah atau tidak mengerjakan akan mendapatkan skor nol.  

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pokja SBMPTN 2018 Prof Budi Prasetyo Widyobroto. Dikutip dari Antaranews, tahap penilaian SBMPTN yang baru pun disederhanakan dari tiga tahap menjadi dua tahap. Tahap pertama seluruh jawaban peserta akan diproses. 

Adapun tahapan kedua menggunakan Teori Response Butir. Teori Response butir digunakan untuk menganalisis karakteristik setiap soal. Soal dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu mudah, sedang, dan sulit. 

Karakteristik soal yang didapatkan pada tahap kedua kemudian digunakan untuk menghitung skor peserta. Setiap peserta dapat menjawab soal dengan sama benar, akan tetapi pada akhirnya belum tentu memiliki hasil skor sama, sebab hal itu tergantung jenis soal yang dikerjakan. 

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menilai sistem penilaian terbaru akan lebih menguntungkan peserta. Nasir menyebut sistem penilaian baru itu memberikan keadilan dalam nilai. 

“Sekarang karena nilainya nol sampai satu, maka nilai diolah berdasarkan tingkat kesulitas calon mahasiswa. Mana yang tingkat kesulitannya tinggi ini akan diberikan nilai yang sangat tinggi, kalau nilainya rendah, nilainya turun dari satu. Ini supaya keadilan itu ada,” ujarnya. 

Nasir berharap melalui sistem ini tidak ada lagi unsur perjudian dan tidak merugikan siswa.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar