600 Titik Perpustakaan Jalanan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah) bersama sejumlah siswa siswi.
600 Titik Perpustakaan Jalanan
Oleh Vanni Hadiani, Sumber berita dari Dinas Pendidikan Jawa Barat
07 November 2018, 14:33 WIB    760 views       Headline

BANDUNG, DISDIK JABAR - Berdasarkan survei Most Literate Nation in The World tahun 2016, minat membaca rakyat Indonesia ada di posisi ke-60 dari 61 negara. Sementara minat baca hanya 0,01 persen per tahun atau dari 10.000 warga hanya 1 orang yang punya minat baca.

Oleh karena itu, Provinsi Jawa Barat akan mendorong peningkatan minat baca. Dalam lima tahun ke depan akan disediakan perpustakaan jalanan dai 600 titik ruang publik. 

"Melalui street library, Jabar akan menjadi pilot project nasional. Ini akan diluncurkan pada 16 Desember," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di pameran buku Jabar Juara di Gedung Landmark Jalan Braga, Selasa 6 November 2018. 

Menurut Gubernur, adanya street library itu akan memberi kesempatan siapa pun membaca di mana pun. Selain itu, pemprov akan membuat perpustakaan berbasis hobi. Dalam perpustakaan itu, akan difasilitasi kegiatan hobi lainnya. 

Tujuannya agar orang-orang yang datang ke gedung bisa berkegiatan sesuai dengan hobinya. Gubernur menyebutkan sebagai awal, perpustakaan hobi akan dibangun di lahan milik pemprov, di Gedebage. 

Program lainnya ialah membuat perpustakaan keliling seperti di Car Free Day. Selain itu, akan dibangun juga perpustakaan di Bandara BIJB, Kertajati, Kab. Majalengka.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar