Kadisdik: Siapkan Bahan Ajar yang Kreatif dan Inovatif
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi.
Kadisdik: Siapkan Bahan Ajar yang Kreatif dan Inovatif
Oleh Nizar Al Fadillah, Sumber berita dari Dinas Pendidikan Jawa Barat
07 November 2018, 18:09 WIB    719 views       Headline

LEMBANG,DISDIK JABAR - Guru dituntut untuk menyiapkan  bahan ajar yang kreatif dan inovatif. Salah satunya adalah bahan ajar infografis. Ini dilakukan agar bahan ajar tidak membosankan bagi peserta didik.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi di sela-sela acara workshop Penyusunan Infografis bagi Guru SMA/SMK/SLB di Grand Hotel Hani Lembang, KBB, Rabu 7 November 2018.

“Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 ini dituntut untuk melek IT. Hal ini juga termasuk di dunia pendidikan. Salah satunya dalam menyiapkan bahan ajar yang harus berbasis IT. Dengan begitu bahan ajar tidak monoton,” kata Hadadi.

Ia berharap melalui kegiatan ini para guru TIK bisa membuat komitmen, berdiskusi, dan berinovasi dalam membuat bahan ajar yang berbasis TIK atau IT. Dengan begitu, diharapkan juga ada standardisasi dalam bahan ajar tersebut.

“Adanya bahan ajar yang modern berbasis IT, membuat proses pembelajaran tidak monoton. Selain itu, bisa membuat mereka lebih mengelaborasi, menganalisis, menelaah, dan meneliti. Posisi guru dalam hal ini hanya menjadi teman dan fasilitator bagi siswa. Tidak ada jarak antara siswa dan guru,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan  dan Produksi Balai Teknologi Informatika dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) Disdik Jabar, Hj. Ida Nurwidayanti M.MPd., menambahkan kegiatan ini dilaksanakan untuk mrmgembangkan dna memanfaatkan  bahan ajar berbasis TIK. 

“Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan para guru bisa menggunakan aplikasi grafis untuk bahan ajar. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa memahami strategi pembelajaran berbasis TIK,” ujar Ida.

Menurut Ida, jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 216 guru dari Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kota dan Kabupaten Cirebon, dan Kab. Kuningan.

“Kali ini workshopnya tentang penyusunan bahan ajar berbasis infografis. Sebelumnya e-modul. Ke depan temanya beda lagi. Kita ingin lebih spesifik untuk meningkatkan kemampuan guru bidang TIK,” katanya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar