28 Mei, Menstrual Hygiene Day
28 Mei, Menstrual Hygiene Day
Oleh Vanni Hadiani
28 Mei 2018, 00:00 WIB    91 views       Headline

TAHUKAH kamu? Hari ini 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersiahan Menstruasi atau dikenal dengan istilah Menstrual Hygiene Day.

Dengan diperingatinya hari tersebut, mengajarkan kita semua bahwa Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) sangatlah penting untuk pendidikan pada siswa perempuan. Penelitian yang dilakukan oleh UNICEF di Indonesia menemukan fakta bahwa satu dari enam anak perempuan memilih untuk tidak masuk sekolah selama satu hari atau lebih, pada saat mereka sedang menstruasi.

Adapun kondisi sanitasi sekolah di Indonesia akan berdampak pada setiap siswa. Penelitian yang dilakukan oleh UNICEF menunjukan rasio toilet sekolah saat ini jauh dari ideal, dengan ditunjukan dengan 1: 17 untuk toilet perempuan, dengan rasio ideal 1:50. Hanya 1 dari 4 toilet sekolah yang dalam kondisi baik. 

Dilansir dari Jejaring AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) yang bekerja sama dengan UNICEF untuk MKM. Agenda yang akan dilakukan adalah MKM perlu dibuatkan payung hukum melalui Unit Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai misi advokasi nasional. “Aksi ini akan dilakukan oleh Plan International Indonesia bekerjasama dengan UNICEF dan Jejaring AMPL dengan mitra-mitra lain  yang telah berkomitmen,” ujar perwakilan dari Plan International Indonesia, Herie Ferdian pada lokakarya pertukaran pembelajaran MKM.

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dapat dilakukan oleh perempuan dalam siklus menstruasi perlu teratur mengganti pembalut dan memilih material yang bersih untuk menyerap darah menstruasi. Selain menjaga kebersihan pembalut, penting juga menjaga kebersihan tubuh dengan air bersih yang mengalir, serta sabun yang akan menghindari dari berbagai bakteri. Serta penting juga untuk membuang material yang sudah digunakan ke tempat yang semestinya.***


 Komentar (0 komentar)


 Balas Komentar


:

 Email, No.Telepon/HP serta Alamat Anda tidak akan dipublikasi.
 Terima kasih, komentar sedang dalam proses antrian.

 


 Belum ada komentar