Siapkan Bonus Demografi dengan SDM Unggul

Sekolah Harus Menata Peserta Didik Bisa Bersaing

BANDUNG - Kualitas sumber daya manusia (SDM) memegang peranan yang penting dalam keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Terlebih pada tahun 2025-2030 adalah era bonus demografi. Makna bonus demografi ini di antaranya melimpahnya penduduk yang  berusia produktif.     

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar saat kunjungan di SMA Negeri 1  Lembang Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/9/217).    

"Bonus demografi merupakan sebuah keuntungan yang dapat diraih asalkan memenuhi syarat-syarat tertentu dan diusahakan dengan benar. Oleh karena itu yang harus diupayakan adalah peningkatan SDM sedini mungkin melalui institusi pendidikan," ungkap Deddy.    

Bonus demografi, lanjutnya akan menjadi modal pembangunan yang besar bahkan Indonesia diprediksi sebagai negara besar ke-5 di dunia apabila SDM-nya berkualitas.      
Tetapi lanjut Wagub tantangan dan masalah bonus demografi akan manjadi bencana nasional apabila SDM-nya tidak berkualitas.

Pengangguran dan penyediaan lapangan kerja merupakan dua masalah penting yang perlu diselesaikan dalam menghadapi bonus demografi. Sebuah resiko akan terjadi pengangguran terbuka yang besar apabila SDM nya tidak disiapkan.    

"Oleh karena itu, saya mengimbau dan berharap dunia pendidikan melalui sekolah untuk menata dan menyiapkan peserta didik memasuki era persaingan tersebut. Yakni dengan menyiapkan program yang tidak hanya peserta didik sukses ke perguruan tinggi tetapi mereka harus disiapkan menyongsong kehidupan di masayarakat," jelasnya.    

Ia melanjutkan, peserta didik harus diberi kesempatan mengembangkan potensinya untuk menjadi penerus pembangunan.

"Jangan terlalu diberi harapan mereka untuk menjadi pegawai/pekerja. Mari dorongan dan siapkan peserta didik untuk manidiri dan memiliki daya saing untuk memiliki kemauan dan kemampuan menciptakan kerja melalui usaha-usaha ekonomi kreatif," tegas Deddy.    

Dalam kunjungan tersebut, selain memberikan arahan Wakil Gubernur juga meninjau fasilitas sekolah dan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler. Wakil Gubernur sangat berkesan dan mengapresiasi atas upaya penyediaan fasilitas program ekstrakurikuler untuk peserta didik.   

Ia berpesan agar program tersebut dikemas supayapeserta didik tetap diarahkan untuk memiliki jiwa enterperneurship, kreatif, dan tetap memiliki akhlak yang baik. **