5 Siswa SMK Negeri 2 Subang Raih Beasiswa JAPFA Foundation

SUBANG - Yayasan korporasi yang didirikan oleh PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk telah melakukan kerjasama  pengembangan pendidikan agrikultur dengan Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Januari 2017.  

Sebagai tindaklanjut kerjasama tersebut, JAPFA Foundation meluncurkan program beasiswa SMK bidang agribisnis dan agroteknologi bagi siswa SMK yang berprestasi akademik cemerlang, berjiwa kepemimpinan dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Beasiswa tersebut adalah menyelesaikan pendidikan SMK di seluruh wilayah Indonesia untuk jangka waktu tidak lebih dari dua tahun. 

Program-program keahlian SMK yang disasar dalam program beasiswa ini yakni Agribisnis Ternak Ruminansia; Agribisnis Ternak Unggas; Agribisnis Aneka Ternak; Kesehatan Hewan; Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian; Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan; Pengawasan Mutu Hasil Pertanian dan Perikanan.  

JAPFA Foundation berhasil menjaring 162 pendaftar dari 25 SMKN dan SMKS di 14 propinsi di Indonesia dan menetapkan 50 (lima puluh) siswa sebagai penerima beasiswa SMK bidang agribisnis dan agroteknologi.  

Diantara penerima beasiswa tersebut adalah siswa/taruna SMK Negeri 2 Subang. Yaitu, Yusep, Kelas XII Agribisnis Ternak Unggas , Antoni, Kelas XII Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian-B , Yuliawati, Kelas XII Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian-A , Febi Indriani, Kelas XII Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian-B, dan Thalia Novita, Kelas XII Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian-A .  

Head of JAPFA Foundation, Andi Prasetyo, Kamis (24/8/2017), mengatakan, tujuan program beasiswa prestasi JAPFA Foundation-SMK guna membangkitkan minat generasi muda untuk peduli dan membangun industri agribisnis khususnya peternakan tanah air. 

“Ini sejalan dengan visi utama JAPFA Foundation yakni memaksimalkan potensi kaum muda melalui pendidikan, gizi dan olahraga. Pada bidang pendidikan ini, JAPFA Foundation ingin mencetak dan menjaring para calon pemimpin agribisnis Indonesia masa depan yang berpotensi melalui program beasiswa,” ujar Andi Prasetyo.  

Pihaknya juga berharap dengan beasiswa ini juga bisa mendorong anak-anak muda semakin tertarik dan mau belajar lebih giat lagi. Bagi mereka yang lulus sesuai standar yang ditetapkan harus bersedia bekerja di sektor agrobisnis maupun agroteknologi di seluruh wilayah Indonesia selama 1 (satu) tahun. **