Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional Tahun 2017 di Kuningan, Jawa Barat

KUNINGAN- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi menghadiri acara Pucak Peringatan Hari Aksara Internasional di GOR Ewangga Kab. Kuningan, Jumat (8/9/2017).  

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dan dibuka langsung oleh Mendikbud.  

Hari Aksara Internasional (International Literacy Day) adalah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 8 September sejak tahun 1966. Tujuan peringatan hari yang disebut juga dengan Hari Buku Internasional ini adalah untuk mempromosikan keaksaraan sebagai alat untuk memberdayakan individu, komunitas dan masyarakat  

Menurut Hadadi,  tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memperkuat komitmen pemangku kebijakan antara pusat, provinsi, dan daerah dalam pengentasan buta aksara, dengan mengangkat tema “Membangun Budaya Literasi di Era Digital, Literasi Digital Membangun Karakter Bangsa dan Literasi Digital Membangun Peradaban Bangsa”  

Adanya Hari Aksara ini diharapkan muncul kesadaran dari para pemimpin negara dan masyarakat di seluruh dunia khususnya di Jawa Barat untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya individu yang buta aksara. Selain itu juga dapat muncul beragam program-program yang akan memberantas buta aksara di Jawa Barat. sekaligus menjadi alat pemberdayaan personal dan media perkembangan sosial seseorang. Orang dewasa memiliki peran penting yang dapat mewujudkan kondisi pendukung untuk harapan di generasi mendatang, pungkasnya. **